Belajar Dari Brazil, Remaja Mulai Dibiasakan Bicara Tentang HIV

Disadur dari situs unaids.org sebuah program telah dilaksanakan di Brazil untuk membiasakan remaja sebagai populasi rentan terinfeksi virus HIV agar mulai membicarakan tentang kesehatannya. Terutama permasalahan mengenai penyakit menular seksual yang termasuk didalamnya HIV.

Dalam proses tumbuh kembangnya, perkembangan seksualitas akan masuk pada titik awal yang krusial untuk diperhatikan pada remaja. Remaja akan banyak bertanya, berimajinasi dan mencoba hal yang tak terelakan berkaitan dengan masalah seksualitas. Namun demikian seksualitas dianggap menjadi hal yang tabu dan menggelikan untuk dibicarakan sehingga jawaban dari keingintahuan remaja dapat berujung pada perilaku beresiko dan pelecehan.

Remaja merupakan populasi yang mulai meningkat angka kejadian terinfeksi HIVnya hingga saat ini. Remaja juga usia yang mulai berkontak dengan pintu masuknya virus sehingga akan menuai orang dengan HIV baru yang seharusnya bisa dicegah.

Program yang dilaksanakan di Brazil ini melatih remaja untuk mulai terbuka terkait masalah seksualitas dan kontak virus HIV yang dapat terjadi kapan dan dimana saja. Remaja diajarkan bagaimana bersikap dan mengkomunikasikannya kepada remaja lain dengan bahasa sehari-hari mereka dan dengan cara yang lebih ringan. Program ini diharapkan agar remaja dapat lebih terlindungi dan memiliki keyakinan dan keputusan yang jelas terkait aktivitas seksual yang mungkin dihadapi.

Sumber Gambar: unaids.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *